Kolak Tanpa santan? bisa kok, ini 3 cara nya.

Image result for kolak tanpa santan

Istilah “berbuka dengan yang manis” memang sangat disarankan ketika waktu berbuka tiba. Tapi jangan hanya asal manis saja, pastikan juga sehat. Nah, hidangan yang sudah menjadi menu wajib untuk berbuka saat bulan Ramadan adalah kolak pisang. Kolak pisang akan terasa nikmat saat disajikan sebagai menu untuk berbuka puasa karena memiliki cita rasa yang khas dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Tidak heran banyak orang menyukai makanan takjil yang satu ini. Meskipun menjadi menu takjil favorit, nyatanya makanan ini mengandung lemak jahat yang tinggi. Pasalnya, makanan ini berkuah santan dan gula sehingga bisa memicu kenaikan kolesterol dan gula darah. Oleh sebab itu, kita harus pintar-pintar mengolah menu yang satu ini.

Resep kolak sehat untuk berbuka puasa
 Jika pada umumnya kolak yang dibuat menggunakan bahan santan, kali ini kamu bisa mencoba membuat resep kolak dengan menggunakan bahan yang lebih sehat sebagai pengganti santan. Bahan pengganti santan yang bisa digunakan adalah susu almond, susu kacang mede, dan yogurt. Kamu bisa mendapatkan produk tersebut di pasaran, namun pastikan memilih jenis produk tersebut dengan membaca label kandungan gizinya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada tambahan lemak dan gula di dalamnya. Berikut ini beberapa variasi resep kolak sehat yang bisa dicoba di rumah untuk berbuka puasa.
1. Kolak pisang yogurt
Bahan yang diperlukan:
Bahan A:
250 gram yogurt plain 50 gram non dairy creamer
50 gram tepung maizena Air es secukupnya (Semua bahan di-mixer)
Bahan B: 2 buah pisang kepok atau sesuai selera
2 buah nangka matang 1 keping gula aren
2 helai daun pandan
1 buah vanili bubuk Garam secukupnya Air secukupnya
Cara membuat: Masukkan air, gula, dan daun pandan lalu masak sampai mendidih atau gula merah larut. Tambahkan pisang ke dalam panci, kemudian masak sampai pisang empuk dengan api sedang. Sambil terus diaduk, masukan garam, kayu manis ke dalamnya tunggu sampai matang. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Lalu sajikan dengan menambahkan saus yogurt di atas kolak.
2. Kolak labu susu almond
Bahan yang diperlukan:
450 gram labu kuning dipotong-potong
200 gram kolang kaling yang sudah dicuci bersih
100 ml air
200 gram gula merah aren
2 helai daun pan dan Bubuk kayu manis secukupnya
1/2 sdt garam 500 ml susu almond
Cara membuat: Masukkan air, gula, dan daun pandan lalu masak sampai gula merah larut atau mendidih. Tambahkan labu ke dalam panci, kemudian masak sampai labu empuk dengan api sedang. Sambil terus diaduk, masukkan garam, kayu manis, susu almond ke dalamnya tunggu sampai matang. Lalu sajikan ke dalam mangkuk. Ilustrasi Kolak pisang Ilustrasi Kolak pisang(naramit)
3. Bubur sumsum kuah kolak
Bahan yang diperlukan:
100 gram tepung beras
200 gram gula merah aren
2 buah nangka potong kecil-kecil
2 buah pisang kepok dipotong-potong
500 ml susu
kacang mede
2 helai daun pandan Bubuk kayu manis secukupnya
Garam secukupnya
Cara membuat: Larutkan tepung beras dalam air putih matang, tambahkan sedikit garam. Lalu masak sampai mendidih. Tuangkan adonan ke dalam mangkuk dan dinginkan. Rebus susu kacang mede ke dalam panci tambahkan sedikit garam, daun pandan, nangka dan gula aren. Aduk sampai mendidih. Masukan pisang kepok, masak sebentar lalu angkat. Siramkan kuah kolak susu almon di atas adonan tepung beras yang sudah didinginkan tersebut.
sumber gambar:cakapsehat.com

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/18/151500120/3-resep-kolak-sehat-tanpa-santan-untuk-berbuka-puasa

adminresep Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *