Resep Cilor ( Cilok Telur Gulung Saus) Jajanan Sikecil

Jajanan anak sekolah terbaru kali ini adalah resep cilok telur gulung yang disebut juga cilor gulung (aci telor gulung) beserta cara membuat saos sambal sebagai cocolannya.

Tak berbeda dengan telur gulung, bagian tersulitnya adalah pada teknik menggulung yang membutuhkan sedikit latihan (butuh kecepatan dan ketepatan,hehe), maksudnya akan menjadi mudah jika sudah terbiasa. Karena untuk adonan kocokan telur, asalkan cukup encernya dan benar benar tercampur rata, atau dengan kata lain jika adonan telur langsung buyar setelah dituangkan dalam minyak panas berarti tidak ada yang salah dengan adonannya.

Untuk pentol cilok, seperti yang sering dibahas pada artikel yang lalu-lalu, maksimal perbandingan tepung aci(tapioka/kanji) adalah 1:1, namun boleh memperbanyak perbandingan tepung aci jika ingin menambah kekenyalannya, tapi jangan memperbanyak terigu supaya cilok tidak menjadi terlalu padat atau keras.

Pertama untuk Bahan Pentol Cilok:

50 gram tepung aci/tapioka/kanji
50 gram tepung terigu
1 siung bawang putih (ukuran kecil), haluskan
1/2 sdt garam, 1/4 sdt lada, dan 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap sesuai selera
1/2 batang daun bawang, iris tipis
125 ml air

Bahan saus sambal :

2 buah cabe merah besar (bisa tambahkan cabe rawit atau bubuk cabe untuk saus yang pedas)
2 sdm saus tomat
3 sdm saus sambal
1 siung bawang putih
1 sdt garam, 1 sdt gula pasir dan 1/2 sdt penyedap
Secukupnya air kurang lebih 350 ml
1 sdm tepung tapioka atau maizena larutkan dengan sedikit air

Bahan telur gulung :

3 butir telur ayam + 100 ml air
garam dan kaldu bubuk secukupnya
bisa tambahkan sekitar 1 sdt tepung tapioka jika ingin mengurangi resiko gagal

 

Cara Membuat Pentol Cilok Mini :

Siapkan wadah, lalu campurkan tepung aci dan terigu, bawang putih halus, garam, lada, kaldu bubuk dan irisan daun bawang, aduk rata.
Masak 125 ml air sampai benar mendidih, langsung segera tuangkan dalam adonan kemudian aduk rata menggunakan sendok. Setelah panasnya mendingan, selanjutnya uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis dan bisa dibentuk. Pulung adonan, lalu bentuk menjadi bulat-bulat kecil.
Didihkan air secukupnya dalam panci, rebus bulatan cilok sampai mengapung dan matang, angkat dan tiriskan. Berikutnya tata pada tusukan sate masing-masing 5 buah, sisihkan.

Cara Membuat Saus Sambal :

Cabe merah besar (bisa tambahkan cabe rawit) direbus dengan air secukupnya atau goreng dalam minyak panas sampai layu, tujuannya untuk menghilangkan langu atau bau cabe mentah karena saus hanya dimasak hanya sebentar saja.
Haluskan cabe dan bawang putih beserta garam, kemudian campurkan bersama bahan-bahan lainnya dalam wajan atau panci, termasuk air kecuali tepung aci. Jadi bisa sesuaikan takaran air dengan keenceran saos yang diinginkan, aduk rata kemudian nyalakan api (cicipi untuk menyesuaikan rasa).
Setelah mendidih, masukkan larutan tepung aci serta aduk-aduk hingga mengental lalu matikan api.

Cara Membuat Cilor Gulung :

Kocok telur, garam, kaldu bubuk dan air hingga benar-benar tercampur merata, dapat menggunakan whisk atau dikocok dalam botol.
Panaskan minyak yang banyak dalam wajan cekung, gunakan api sedang cenderung kecil supaya telur tidak cepat kering ketika dituangkan.
Setelah panas, celupkan sate cilok dalam minyak panas hingga muncul gelembung-gelembung, kemudian tuang 1 centong kocokan telur dari ketinggian supaya buyar (lihat video di atas). Segera gulung selagi telur masih basah, lakukan dengan cepat sambil terus memutar mengumpulkan telurnya, karena jika terlambat telur keburu garing dan sulit bahkan tidak bisa digulung.
Setelah terkumpul, tempelkan ke pinggiran wajan sambil diputar untuk memadatkannya. Cilor gulung atau telur gulung cilok siap disajikan dengan celupan saos sambalnya.

adminresep Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *